Bab 5: Teknik Perangkat Lunak
Dalam perjalanan pengembangan perangkat lunak, teknik yang tepat memainkan peran penting dalam memastikan keberhasilan proyek. Bab 5 ini menyajikan berbagai teknik yang umum digunakan dalam rekayasa perangkat lunak.
Teknik Pengumpulan Persyaratan
- Analisis Kebutuhan: Proses sistematis untuk memahami dan mendokumentasikan kebutuhan pengguna dan pemangku kepentingan.
- Pembuatan Prototipe: Pengembangan model yang dapat diuji untuk mendapatkan umpan balik awal dan menyempurnakan persyaratan.
- Wawancara dan Survei: Berinteraksi dengan pengguna untuk mengumpulkan informasi tentang kebutuhan dan ekspektasi mereka.
Teknik Desain
- Arsitektur Berorientasi Layanan (SOA): Pendekatan desain yang menggunakan layanan terdistribusi yang dapat digabungkan untuk menciptakan aplikasi yang kompleks.
- Desain Berbasis Pola: Penggunaan pola yang telah terbukti dan dapat digunakan kembali untuk menyelesaikan masalah desain yang umum.
- Unified Modeling Language (UML): Bahasa pemodelan yang digunakan untuk mendokumentasikan dan mengomunikasikan aspek desain perangkat lunak.
Teknik Pengodean
- Pengkodean Berorientasi Objek (OOP): Paradigma pengodean yang berfokus pada pembuatan objek yang berisi data dan metode untuk memanipulasinya.
- Pengujian Unit: Praktik menguji bagian-bagian kecil kode secara terpisah untuk memastikan fungsionalitasnya.
- Pengkodean Refactoring: Proses menyusun ulang kode tanpa mengubah fungsinya untuk meningkatkan keterbacaan dan pemeliharaan.
Teknik Pengujian
- Pengujian Unit: Seperti disebutkan sebelumnya, menguji unit kecil kode secara independen.
- Pengujian Integrasi: Menguji interaksi antara modul atau komponen perangkat lunak yang berbeda.
- Pengujian Penerimaan Pengguna (UAT): Memberikan perangkat lunak kepada pengguna akhir untuk menguji dan memvalidasi apakah itu memenuhi kebutuhan mereka.
Teknik Manajemen Proyek
- Scrum: Kerangka kerja pengembangan iteratif dan inkremental yang berfokus pada pengiriman berkelanjutan dari fitur-fitur baru.
- Kanban: Sistem manajemen visual yang melacak aliran pekerjaan dan mengidentifikasi hambatan.
- Manajemen Konfigurasi: Proses mengontrol dan melacak perubahan pada perangkat lunak dan artefak terkait lainnya.
Rekomendasi
Untuk pembahasan yang lebih komprehensif dan contoh-contoh praktis dari teknik-teknik ini, kami sangat menyarankan untuk memesan salinan lengkap Bab 5 dari buku kami melalui nomor WhatsApp 081222555598. Tim kami siap membantu Anda meningkatkan pemahaman Anda tentang rekayasa perangkat lunak dan mengembangkan aplikasi yang sukses.
0 Komentar untuk "contoh bab 5 ta desain dan pembahasan teknik informatika Mau order? Hub. 081222555598"